Friday, March 3, 2017

Tips Merawat Softlens By Nina Zuriaty : Yuk Jaga Mata Kalian !



Well, banyak banget kan pemakai softlens yang mengeluhkan matanya iritasi ringan bahkan sampai parah. Ada juga yang matanya sampai terkena bakteri ganas. Omg! That's scared me alot!

Aku punya minus cukup tinggi yaitu 3.00 sehingga buat acara-acara aku butuh banget yang namanya softlens. Yang bikin aku tergilitik bikin post ini adalah karena temenku yang matanya normal tapi dia suka banget pakai softlens tapi dia orangnya sangat-sangat tidak memperhatikan higines atau bersih atau enggak softlens dia itu. Bahkan, dia masih berani pakai softlens yang udah kering. Wtf!

kalau kalian memutuskan memakai softlens, ini bener-bener tanggung jawab yang besar karena berhubungan langsung dengan mata kalian, mata adalah aset berharga, kalian harus bersyukur mempunyai mata dan penglihatan yang baik. Kalau kalian pakai softlens untuk gaya-gayaan aja tapi tidak bisa bahkan malas merawatnya, lebih baik gak usah karena ini mata lhooooo beb >o<


 Ok ini tips dari aku semoga membantu kalian :)

1. Pastikan kamu beli softlens original bukan KW bukan Replika. Ini mata lho! Lebih baik kosultasikan dulu ke dokter mata.
2. Ukuran diameter softlens harus sesuai dengan mata kalian, kalian yg sipit jangan maksa untuk pakai softlens segede kebon, itu malah bikin mata kalian sulit bernafas.
3. Ganti air softlens minimal seminggu 1x, kalau airnya udah kering, softlensnya jangan dipakai lagi, siapa tau banyak bakteri yang sudah bersarang di softlens tsb.
4. Kadar air juga mesti kalian perhatikan walaupun kadang setiap merk softlens mempunyai tingkat kenyaman yang berbeda-beda. Aku jg kurang paham dengan kadar air ini tapi aku lebih suka softlens dengan kadar air dibawah 50%, sangat nyaman aja dimataku ( ps: belum tentu nyaman di mata kalian)
5. Kalau saat kalian pasang softlens dan terasa ganjal, langsung kalian lepas lagi softlensnya dan cuci pakai air softlens setelah itu baru pasang lagi dan perhatikan softlensnya kebalik atau enggak.  Kalau masih terasa ganjal dan ga nyaman JANGAN DIPAKSAKAN. Lepas aja.
6. Tempat penyimpanan softlens harus di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan tidak berdebu, biasanya aku simpan softlens di dalam lenscase lalu aku simpan lagi di dalam kotak, walaupun kotaknya terkena debu tapi lenscase di dalamnya akan tetap aman ;)
7. Selalu siapkan tetes mata softlens, kalau sedang pakai softlens dan tiba-tiba kemasukan debu atau terasa kering, langsung kasih tetes yah jangan nunggu merah >.< Tetes softlens berbeda dengan air cuci softlens yah teman-teman:)
8. Kalian juga harus rajin cuci mata =D maksud aku cuci mata pakai eyeflush ( ada di apotek). Aku biasanya pakai eyeflush seminggu sekali atau 2-3jam setelah lepas softlens.
9. Perhatikan masa pakai softlens. Kalau 6 bulan jangan sampai kalian pakai lebih dari 6 bulan walaupun masih terasa nyaman dipakai. Kalau sebelum 6 bulan sudah terasa tidak nyaman jangan di teruskan yah langsung buang aja softlensnya. Lebih baik kalian ganti softlens kalian sebelum masa pakainya habis :)
10. Jangan pakai softlens ketika berenang dan jangan dibawa tidur!
11. KUALITAS SOFTLENS ITU PENTING! Beli softlens tergiur harga murah? belum tentu aman dan baik dipakai dalam waktu lama.



Semoga tips ini bermanfaat dan membuat anda menjadi pengguna softlens yang bijak :)

 

No comments:

Post a Comment